IKHTIAR CETAK GURU PROFESIONAL, PRODI TBI SELENGGARAKAN MAGANG 2

Program Studi Tadris Bahasa Inggris FTIK IAIN Pontianak mendelegasikan mahasiswanya ke beberapa sekolah yang ada di Kota Pontianak dan sekitarnya untuk melaksanakan Magang 2. Beberapa sekolah yang menjadi tujuan, antara lain, MAN 3 Pontianak, SMAN 3 Pontianak, SMAN 8 Pontianak, MA Khulafau Rasyidin, MTsN 1 Pontianak, SMPN 2 Pontianak, SMPN 6 Pontianak, dan SMPN 12 Pontianak. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 11 s.d. 28 Oktober 2022.

Ketua Prodi Tadris Bahasa Inggris, Sulaiman, M.Pd mengemukakan program Magang 2 merupakan mata kuliah wajib yang diikuti oleh Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Semester V. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah lulus di Magang 1 dan memenuhi kriteria lainnya. Program Magang 2 ini nantinya akan dilanjutkan dengan program Magang 3 di semester 7.

Sekretaris Prodi Tadris Bahasa Inggris, Nanik Shabikah, M.Pd menjelaskan jika calon guru harus memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian, dan sosial sesuai bidang dan kompetensinya masing-masing. Bentuk peningkatan kompetensi guru antara lain, pengembangan isi kurikulum, kualitas pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa, penyediaan bahan ajar yang memadai, dan penyediaan sara belajar. Maka dengan begitu akan mempengaruhi kualitas pembelajaran seorang guru. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Prodi TBI untuk meningkatkan kompetensi mahasiswanya yaitu melaksanakan kegiatan Magang 2. Magang 2 merupakan kelanjutan dari Magang 1 yang sebelumnya telah dilaksanakan pada semester 3.

“Program magang ini merupakan proses observasi dan belajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa untuk mempelajari aspek pembelajaran di sekolah. Khusus Magang 2, setiap mahasiswa diminta belajar dan praktik menyusun perangkat pembelajaran yang dibimbing langsung oleh guru pamong yang ditunjuk sebelumnya,” terangnya.

Sementara itu, Dosen Pengampu Magang 2, Septian Utut Sugiatno, M.Pd berharap dari kegiatan ini semakin memantapkan kompetensi akademik yang dimiliki mahasiswa khususnya dalam menyusun perangkat pembelajaran yang dibimbing langsung oleh guru pamong berupa telaah dan penyusunan program tahunan, program semester, analisis silabus, pengembangan RPP, pengembangan media pembelajaran, dan instrumen penilaian. Selain itu mahasiswa juga dapat memahami tugas-tugas administrasi guru.

 

Penulis: Septian Utut Sugiatno, M.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *