Dekan FTIK Harap AL Daring Prodi PGMI Berjalan Lancar

Pontianak (ftik.iainptk.ac.id) – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak tengah menjalani Asesmen Lapangan Akreditasi. Asesmen Lapangan tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 25 Maret 2021 secara daring dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih belum selesai. Asesor yang ditugaskan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan AL ini adalah Dr. Hj. Ernawulan Syaodih, M. Pd dan Dr. Darmansyah, ST, M. Pd. Turut hadir secara offline perwakilan mahasiswa, dosen, alumni, HMPS, serta stakeholder prodi PGMI di Gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri Ruang 206.

Dekan FTIK, Dr. H. Dwi Surya Atmaja, MA, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa asesmen lapangan ini merupakan pijakan awal untuk ke tahap berikutnya.

“Asesmen Lapangan ini merupakan stepping stone untuk prodi agar bisa melakukan upgrade terkait akreditasi. Semoga AL ini berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan,” jelas Dwi.

Selanjutnya, tim asesor BAN-PT menjelaskan bahwa penilaian yang mereka lakukan semuanya berdasarkan apa yang sudah tertulis di borang.

“Penilaian kecukupan pada asesmen ini berdasarkan dari borang yang sudah disampaikan ke BAN-PT. Tim akreditasi prodi menulis borang berdasarkan apa yang dilakukan. Kami, asesor, hanya melakukan klarifikasi apa yang sudah dilakukan, kemudian kami akan membantu apa yang tim tidak punya tapi tidak dituliskan di borang,” papar Ernawati.

Asesmen Lapangan Daring Prodi PGMI

“Asesmen ini kita lakukan dalam kondisi yang santai saja karena seluruh dokumen sudah tersedia di file yang tim akreditasi kirimkan. Kami hanya melakukan konfirmasi dan menghargai apa yang sudah tim lakukan,” ungkap Darmansyah.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA, mengungkapkan apresiasinya untuk Prodi PGMI yang sudah melakukan persiapan maksimal menjelang asesmen lapangan.

“Kita semua pasti mengharapkan hasil yang terbaik dalam asesmen lapangan ini. Saya pribadi mengapresiasi usaha yang dilakukan tim akreditasi Prodi PGMI. Hasil yang kelak didapatkan supaya menjadi tolak ukur untuk menilai persiapan yang telah dilakukan,” papar Syarif.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak, Dr. Firdaus Achmad, M. Hum, menjanjikan akan mengawal proses asesmen lapangan ini.

“Selama proses AL ini saya harap tim akreditasi Prodi PGMI menghadapinya dengan santai. Grogi itu pasti, anggap saja kegrogian ini menjadi jalan tim untuk lebih fokus pada proses AL. Hasil pastinya tidak akan mengingkari proses. Insyaallah, saya akan mendampingi AL ini hingga akhir,” pungkas Firdaus

Penulis: Dian Kartika Sari

Editor: Mulyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *