PGMI Luncurkan Program Baru di Tengah Wabah COVID-19

Pontianak (ftik.iainptk.ac.id) – Di tengah pandemi COVID-19, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTIK IAIN Pontianak luncurkan program baru. Program ini resmi dimulai pada tanggal 11 Sya’ban 1441 H yang bertepatan dengan tanggal 04 April 2020.

Ketua Prodi PGMI, Kartini, M. Ag memaparkan program-program ini diikuti oleh mahasiswa PGMI seluruh angkatan, alumni, dan para dosen muda. “Selama masa pandemi ini kami merancang dua program yaitu program Kajian One Day One Ayat dan Khatamul Qur’an. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PGMI seluruh angkatan, alumni, dan dosen muda. Ini juga sebagai bentuk pembinaan kepada para dosen muda yang baru dilantik menjadi PNS dan masih berstatus calon dosen. Khususnya dosen-dosen di bawah prodi PGMI dan PIAUD.”

Kedua program ini dibimbing langsung oleh Kartini dan dilakukan secara daring (online). Dengan memanfaatkan media sosial seperti Whatsapp yang bisa diakses tanpa memakan banyak kuota.

“Untuk teknis pelaksanaan Kajian One Day One Ayat, setiap hari mahasiswa dikirimkan pesan suara (voice note) lewat WA berisi satu ayat. Kemudian mahasiswa mengirim balik pesan suara untuk dikoreksi bacaannya. Satu ayat ini disertai juga dengan tafsiran terbitan kemenag, setelah itu dibuka sesi tanya jawab,” papar Kartini.

Selanjutnya pada program Khatamul Qur’an, Kartini menjelaskan tiap orang diharapkan dapat menyelesaikan satu juz atau lebih.

“Dalam program khataman al-qur’an dikirim daftar urutan al-qur’an per juz untuk diisi tiap peserta program. Satu juz bisa dibagi untuk beberapa orang, tapi ada juga satu orang mengaji lebih dari satu juz. Kegiatan ini diikuti oleh semua peserta termasuk saya,” ujar Kartini.

“Alhamdulillah, program ini direspon positif oleh mahasiswa, alumni, dosen muda, dan dosen senior. Harapan saya program ini dapat berjalan lancara dan berkesinambungan agar kita semua dapat mengakrabkan diri dengan al-qur’an, termasuk saya. Semoga Allah SWT memberkahi program ini,” pungkasnya.

 

Penulis: Dian Kartika Sari

Editor: Ajeng Vashqie Varaulizza

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *